disnaker.kotatasik@gmail.com Telepon/Fax : (0265) 313997
Puluhan Tenaga Kerja Terlatih Siap Disalurkan Ke Perusahaan
21/08/2018
0

TASIKMALAYA, FOKUSJabar.co.id: Puluhan tenaga kerja terlatih yang telah lulus melalui pelatihan kerja akhirnya disalurkan untuk magang di berbagai perusahaan sesuai dengan bidang dan keahlian yang dimilikinya.

Sebelumnya, puluhan tenaga kerja terampil ini telah mengikuti pelatihan program berbasis pengguna di balai kerja latihan (BLK) Bekasi selama satu bulan dan dinyatakan lulus. Saat ini mereka siap disalurkan untuk magang di berbagai perusahaan di Kota Tasikmalaya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya Rachmat Mahmuda mengatakan, puluhan tenaga kerja ini memiliki keahlian dan skil sesuai dengan kebutuhan kerja saat ini, bahkan mereka siap terjun ke dunia kerja.

“Kemampuan dan skill mereka yang mumpuni itu dibutuhkan oleh perusahaan,” kata Rachmat, Senin (20/8/2018).

Sejauh ini, kata dia, sudah banyak perusahaan di Kota Tasikmalaya yang berminat merekrut mereka untuk dipekerjakan sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja. Tenaga kerja yang dimagangkan sekarang sudah pasti sesuai dengan kebutuhan perusahaan, terlebih sudah melalui permintaan perusahaan.

“Mereka ini terlatih di bidang menjahit, otomotif sepeda motor, mesin produksi dan las listrik, diharapkan perusahaan tempatnya mereka magang bisa langsung mempekerjakan mereka dan mengangkat sebagai karyawan,” jelas dia.

Untuk diketahui, program pelatihan berbasis pengguna itu merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan SDM tenaga kerja agar bisa berdaya saing dan mengurangi jumlah pengangguran di Kota Tasikmalaya.

“Pelatihan-pelatihan tenaga kerja tentunya akan dilakukan secara kontinyu untuk menciptakan tenaga yang terampil dan terlatih, sehingga cepat terserap di dunia kerja yang pada akhirnya mengurangi angka pengangguran di Kota Tasikmalaya,” papar Rachmat.

Sementara itu Eris Derisman (25), salah seorang peserta program pemagangan berbasis pengguna mengaku senang mengikuti pelatihan Balai Latihan Kerja di Bekasi yang di selenggarakan Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya.

“Ini sangat bermanfaat buat saya, sekarang sudah punya kemampuan dan keahlian, jadi kalau mau masuk ke dunia kerja saya sudah siap,”ucapnya.

Dia pun mengaku bahwa tantangan masuk kerja saat ini sangat berat, bukan hanya mengandalkan ijazah, tetapi juga harus memiliki keahlian yang dibutuhkan pihak perusahaan.

“Alhamdulillah setelah mengikuti di BLK, untuk melamar ke perusahaan jadi lebih percaya diri karena sudah ada keahlian khusus,” singkatnya.

(Seda/LIN)

Leave a Reply